Kehadiran CU KK di tengah masyarakat khususnya di Kalimantan Barat ingin memberikan pelayanan keuangan yang terbaik kepada anggota. Hal ini dapat dilihat dari Misinya “Menjadi CU pilihan utama masyarakat di Kalimantan Barat”. Mengapa CUKK harus menjadi pilihan utama. Karena kehadiran CUKK di tengah-tengah masyarakat secara nyata memerangi kemiskinan. Melalui produk dan pelayanan terbaik serta tingkat bunga yang terjangkau memungkinkan semua anggota memiliki akses untuk meningkatkan standar hidup layak mereka melalui produk simpan pinjam tersebut. Seiring waktu, CUKK semakin menyadari bahwa untuk memerangi kemiskinan dan meningkatkan tarap hidup anggota tidak cukup dengan tawaran produk dan pelayanan terbaik saja. Di satu pihak lembaga CUKK terus belajar dan berbenah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas lembaganya. Di pihak lain ada hal yang perlu dibenah dan ditingkatkan juga yakni pengetahuan tentang mengelola uang yang baik bagi para anggotanya. Untuk mewujudkan mimpi ini CUKK melaksanakan program Financial Literacy kepada anggota.

    Sebagai lembaga yang besar KKG punya standar dalam mengukur keberhasilan dan kemajuan lembaganya. Adapun standar yang dipakai sebagai tolak ukur adalah Tripple Battom Line. Tripple Battom Line yaitu tolak ukur keberhasilan sebuah lembaga CU yang tidak hanya dilihat dari data pertumbuhan aset dan anggota saja, tetapi kemajuan itu harus dilihat dari tiga aspek mendasar yakni sosial, ekonomi dan lingkungan. FL merupakan progran yang dicetuskan oleh CUKK, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas anggota yang diukur dari tiga hal tersebut.

    Dalam rangka mewujudkan ketiga aspek mendasar di atas, CUKK bekerjasama dengan Good Return Australia dan WEA (World Education Australia) dalam bidang sosial, ekonomi dan lingkungan yang melahirkan Visi Misi program pendidikan dan pelatihan Financial Literacy sebagai berikut:

Visi :

Menurunkan Kemiskinan dan Meningkatkan Standar Hidup

Misi:

a. Menciptakan entrepreneur.

b. Mendidik Anggota untuk mengelola keuangan yang lebih baik

c. Memotivas anggota untuk menabung

d. Memberi wawasan dan pengetahuan untuk mengelola keuangan

e. Menganalisa Masalah Keuangan

f. Meningkatkan Loyalitas Anggota

g. Memperbaiki Kehidupan Sosial

h. Penurunanan Kredit Lalai