Bisnis unit pertama yang berdiri adalah Credit Union Keling Kumang (CUKK). CUKK berdiri pada tanggal 25 Maret 1993 di sebuah kampung yang bernama Tapang Sambas, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.  Sejak 20 April 2011, CUKK sudah memiliki Badan Hukum Provinsi dengan No. 50 b/BH/PAD/X. CUKK berdiri karena keprihatinan atas atas isu-isu kemiskinan, ketidakadilan, perampasan tanah, kerusakan lingkungan, kurangnya lapangan kerja, dan ketakberdayaan kaum marjinal.

Peran CUKK dikancah dunia simpan pinjam diakui sangat membantu dan banyak berkontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Maka, pada tahun 2002, pemerintah memberikan penghargaan kepada CUKK sebagai Koperasi Berprestasi Kabupaten Sanggau. Tahun 2005 sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan dan tahun 2010 menyabet dua gelar sekaligus, yaitu Koperasi Berprestasi dan Koperasi Penerima Award di tingkat Nasional.

Penghargaan-penghargaan yang telah didapatkan, tidak serta-merta membuat CUKK berpuas diri, tetapi menjadikannya sebagai motivasi dan cambuk untuk terus berkarya untuk bangsa. Sebagai sebuah koperasi simpan pinjam, CUKK tentu memiliki core business Simpan dan Pinjam. Kini, CUKK memiliki lebih dari 5 produk simpanan dan pinjaman. Selain itu, CUKK juga menyediakan produk sosial untuk sakit, meninggal dan kebakaran. Atas keprihatinan terhadap dunia pendidikan, terutama para anggota yang memiliki anak cerdas dan bersemangat untuk sekolah, maka CUKK memberikan bantuan berupa beasiswa. Hingga saat ini CUKK telah memberikan beasiswa hampir 1 milyar kepada lebih dari 600 orang anak anggota. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi website kami klik http://www.cukelingkumang.com