Millenium Chalange Account Indonesia (MCA-Indonesia) adalah mitra Koperasi Simpan Pinjam Keling Kumang (CUKK), Koperasi Produsen Tujuh Tujuh (K77) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Kalimantan Barat (AMAN) Kal-Bar, yang bekerjasama dalam program penguatan ekonomi hijau lokal melalui pemberdayaan masyarakat adat dan pemulihan lingkungan Self Help Green (SHG).

Program SHG dilaksanakan di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang. Pusat aktivitas program ini di Kabupaten Kapuas Hulu berada di Desa Benua Martinus, Desa Pulau Manak, Desa Saujung Giling Manik, Desa Ulak Pauk, Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh Hulu dan Desa Benua Tengah dan Kecamatan Putussibau Utara, wilayah ini termasuk dalam kawasan Embaloh Hulu (KEH).

Sedangkan di Kabupaten Sintang berada di Desa Benua Kencana, Desa Gurung Mali, Desa Kupan Jaya, Desa Merti Jaya, Desa Pekulai Bersatu, Desa Riam Batu dan Desa Sei Buluh dan Kecamatan Tempunak, wilayah ini termasuk dalam Kawasan Lingkar Saran (KLS).

Program SHG difokuskan pada pendekatan peningkatan kualitas hidup rumah tangga terutama mereka yang tergolong rumah tangga miskin melalui upaya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut tentu membutuhkan partisipasi kaum perempuan. Dan melalui program ini di harapkan keterlibatan kaum perempuan lebih dari 30%.

Ruang lingkup program SHG meliputi aktivitas pemberdayaan, budidaya, peningkatan produktivitas, pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan mendorong ketahanan energi melalui pengadaan energi terbarukan. Dengan demikian hasil yang diharapkan dari program ini adalah (1) Mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil melalui energi terbaru. (2) Memperbaiki tata kelola DAS secara partisipatif dan berkelanjutan. (3) Perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam untuk peningkatan produktivitas serta (4) Mengoptimalkan fungsi kawasan daerah tangkapan air.

Program SHG memiliki tujuh aktivitas utama yang dilaksanakan dari Juli 2016 sampai dengan Desember 2017 yaitu:

1. Pengelolaan tata hutan dan DAS

2. Pembangunan PLTMH dan Instalasi tenaga surya, di Empat Lokasi

3. Pembangunan pipanisasi air bersih

4. Pengembangan ekowisata

5. Budidaya aren

6. Produksi gula aren

7. Pengembangan sawah organik varietas lokal kelompok perempuan

Untuk selengkapnya mengenai MCA-Indonesia bisa kunjungi langsung alamat website (http://mca-indonesia.go.id)