Presiden MADN, Cornelis turut resmikan Pembangunan Infrastruktur di Desa Riam Batu, Dusun Lebuk Lantang, Kecamatan Tempunak yang didampingi oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno (31/01/2018). Pembangunan infrastruktur ini adalah penutup program dari Konsorsium Ekonomi Hijau Kalimantan Barat (KUJAU KALBAR) yang didampingi oleh CU Keling Kumang dan Keling Kumang Group serta difasilitasi oleh MCA-Indonesia dan Yayasan KEHATI.

Turut hadir Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward, Dandim 1205/Sintang, Unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang, Managing Director Keling Kumang Group, Yohanes RJ, Pengurus KKG, Mikael, CEO CU Keling Kumang, Valentinus serta Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.

Cornelis mengingatkan pentingnya langkah pembangunan yang dilakukan masyarakat Sintang ini dan mengingatakan arti penting menjaga alam. “Hutan tropis kita ini di jantung Kalimantan, berperan penting untuk mengantisipasi perubahan iklim,” papar Cornelis.

Sementara itu, Jarot Winarno memuji Keling Kumang Group yang bekerja keras menjadi contoh proses reformasi sebuah koperasi, dalam langkahnya merehabilitasi, mereorientasi dan pengembangan usaha.

Sedangkan Mikael selaku ketua pengurus Keling Kumang Group dalam sambutannya “apa yang CU Keling Kumang dan KKG lakukan melalui pembangunan ini merupakan kegiatan kemanusiaan, dalam rangka menyelamatkan manusia dengan melestarikan hutan, alam kita. Serta dengan adanya homestay, air bersih dan PLTMH ini membantu masyarakat untuk menghidupi dirinya sendiri dan dengan adanya pembangunan ini membuat mereka membayarkan pinjaman dan menabung ke CU Keling Kumang dengan TWTJ, tidak ada lagi alasan terlambat atau lalai karena hasil pendapatan mereka tidak lagi dialokasikan untuk membeli air serta membeli bahan bakar untuk menghidupkan lampu pada malam hari karena sudah adanya PLTMH, inilah bukti betapa beruntungnya masyarakat di Lebuk Lantang ini dan tugas mereka adalah menjaga dan membuat pembangunan ini menjadi bagian dari hidup mereka.” Ungkap Mikael.

Intinya pembangunan infrastruktur di Lebuk Lantang ini ditanggapi dengan positif oleh berbagai pihak, terumata oleh pihak Pemerintahan.

Peresmian kemudian dilakukan secara simbolis dengan menandatangi sejumlah prasasti untuk unit PLTMH, Air bersih serta 2 unit homestay oleh Bupati Sintang, Jarot serta Presiden MADN, Cornelis. Kemudian pengguntingan pita 2 bilik homestay dan mengalirkan air bersih didalam bilik oleh Cornelis lalu dilanjutkan pengguntingan pita 2 buah bilik oleh Karolin dan menyalakan lampu PLTMH secara simbolis oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Kegiatan ini ditutup dan dilanjutkan dengan Dialog Masyarakat Adat di Kawasan Lingkar Saran (8 Desa Tempunak Hulu) dengan Presiden MADN, Cornelis di Balai Dusun Desa Merti Jaya dimulai pukul 21.00 WIB, Selasa (31/01/2018).