Jerora Jaya adalah nama kelompok binaan Self Help Group (SHG) yang bergerak di bidang budidaya Lebah Madu. Kelompok ini terletak di Desa Jerora Satu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, dengan jumlah anggota kelompok sebanyak dua orang. Kelompok ini melakukan terobosan baru budidaya Lebah Madu dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Jenis Lebah yang dibudidayakan adalah Apis Melifera.

Apis Melifera merupakan jenis Lebah yang dikenal dengan Lebah Eropa atau di Indonesia biasa dikenal dengan Lebah unggul. Lebah ini tergolong jinak (tidak mudah menyerang/menyengat) juga mudah dalam proses pemeliharaannya, dan yang tak kalah penting adalah lebah unggul menguasai manajemen koloni.

Sebelum memulai usaha, kedua orang anggota kelompok yakni Supardi dan Santik telah mengikuti pelatihan budidaya Lebah Madu yang diselenggarakan oleh Keling Kumang Group selama satu hari. Dari pelatihan inilah mereka berdua memperoleh banyak ilmu tentang budidaya Lebah Madu. Ilmu itulah yang kemudian dipraktekkan keduanya untuk mencapai sukses budidaya Lebah Madu.

Untuk memulai usaha ini, kelompok Jerora Jaya sepakat untuk meminjam dana dari CU Keling Kumang melalui produk pinjaman TAROH berjumlah Rp.50.000.000 dengan jangka waktu pengembalian selama 48 bulan. Dana ini digunakan untuk membeli kotak Lebah sebanyak 14 buah, 11 kotak dimiliki Supardi, dan delapan kotak milik Santik. Satu kotak Lebah akan mampu menghasilkan 2 kg madu untuk kotak biasa, dan 5-6 kg madu untuk kotak super.

Sejak perkenalannya dengan CU Keling Kumang tepatnya pada Enam Agustus yang lalu saat pelatihan tersebut, keduanya sepakat untuk memulai usaha budidaya Lebah Madu.

Jenis usaha budidaya Lebah Madu dapat dikatakan merupakan jenis usaha yang tergolong masih langka, khususnya di kalangan petani di Kabupaten Sintang. Selain bisa menghasilkan madu dan uang, beternak Lebah madu juga mampu membantu pelestarian lingkungan. Dapat dikatakan demikian karena berternak lebah madu, selain harus menanam sayur-sayuran yang menghasilkan bunga juga menanam tanaman berbunga. Sehingga dapat mempercantik pekarangan rumah dan juga tidak merusak ekosistem alam, karena lebah madu dapat membantu penyerbukan bunga.

Melihat budidaya Lebah Madu yang begitu banyak memberi manfaat, maka pekerjaan ini sangat direkomendasikan bagi para petani. Karena keberhasilan para petani adalah kebanggaan bersama. (VSE)