Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Keling Kumang Group dan Solidaridad mengadakan kegiatan yang diselenggarakan di aula CU Keling Kumang pada Senin, 5 Juni 2017. Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB. Target peserta dalam kegiatan ini adalah anak-anak Tk dari berbagai Taman Kanak-kanak yang ada di Sintang. Ada 90 anak yang mengikuti kegiatan tersebut dari perwakilan masing-masing TK.

Dalam kegiatan ini diadakan lomba mewarnai gambar lingkungan hidup dan juga pembagian bibit tanaman untuk masing-masing TK. Bibit tanaman yang dibagikan tersebut yaitu bibit mangga. Sebelum penyerahan untuk masing-masing TK, diadakan juga penanaman bibit lengkeng secara simbolis oleh perwakilan Solidaridad dan Keling Kumang Group dihalaman parkir CU Keling Kumang.

Violace Putri sebagai perwakilan dari Solidaridad dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kegiatan memperingati hari Lingkungan hidup ini adalah bagaimana kita bisa berpartisipasi dalam kegiatan di hari Lingkungan Hidup dan bagaimana anak-anak sudah diajar sejak dini untuk bisa mencintai lingkungan dengan melakukan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

“Memaknai hari lingkungan hidup adalah bagaimana kita mengelola dan melestarikan lingkungan hidup dengan baik, anak-anak memang sangat bagus untuk diajarkan sejak dini untuk mencintai lingkungan, untuk hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan”, ujar Violace Putri, Senin (5/06/2017).

“Ini adalah tahun pertama KKG dan Solidaridad bekerjasama menyelenggarakan kegiatan memperingati hari lingkungan hidup dengan tema “Connecting People to Nature”, kegiatan ini mengajarkan anak-anak sejak dini untuk memahami lingkungan yang sehat, hijau, dan bersih. Karena menjaga lingkungan ini untuk generasi kita selanjutnya dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berlanjut”, ujar Damianus Moses saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya pola perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan menjadi tolak ukur kondisi lingkungan di Kota Sintang. Untuk itu, Damianus Moses, mengajak anak-anak untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan mulai dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

Selamat hari lingkungan hidup sedunia! Manfaatkan setiap detiknya dengan menjaga kelestarian lingkungan contoh kecilnya saja tidak membuang sampah sembarangan agar lingkungan kita bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya. (MMD*)