Bagi anda yang sudah membaca novel “Mimpi Dunia Lain” yang diterbitkan oleh Penerbit Elexmedia, anda akan tahu betapa sulitnya seorang Wat¾tokoh utama dalam novel tersebut, keluar dari dunia kemiskinan. Hanya karena mimpi yang disertai dengan hasrat yang luar biasa, maka Wat dapat keluar dari “penjara” kemiskinan yang melandanya. Dari sekitar 30 murid yang lulus SD bersama Wat, mungkin hanya Wat yang mampu mencapai standar kehidupan seperti yang dia mimpikan¾Level “pas-pasan.”

            Apa itu level kehidupan pas-pasan? Tanya seorang rekan kepada saya ketika saya menjadi pembicara di Malang di penghujung Oktober tahun ini? Kata saya “level kehidupan pas-pasan itu berarti pas mau makan enak, pas ada. Pas mau bangun rumah bagus, pas bisa. Pas mau beli mobil baru, pas bisa. Pas mau menyekolahkan anak, pas bisa. Pokoknya “Pas mau, pas bisa.” Teman saya tertawa terbahak-bahak.

            Saya suka membaca. Membaca kisah-kisah nyata dan inspiratif telah menyelamatkan saya ketika kondisi keuangan saya benar-benar pada posisi paling bawah waktu saya kuliah. Kisah-kisah inspiratif tersebut membuat saya terus bertahan kuliah. Jadi, menjaga keadaan pikiran agar tetap segar dan berkualitas menjadi rahasia sukses dalam hidup. Salah satu pengarang favorit saya adalah Napoleon Hill, pengarang buku yang sangat terkenal “Berpikir dan Menjadi Kaya.” Inilah 13 rahasia menjadi kaya hasil karyanya yang sangat terkenal (tulisan ini disadur dari buku karya Karen McCreadie, Napoleon Hill: Berpikir dan Menjadi Kaya).

1.      Langkah pertama menuju kekayaan adalah KEINGINAN. Tidak ada satupun benda berharga yang bisa diperoleh hanya dengan keinginan yang setengah-setengah, hati yang ragu, dan usaha yang tidak sungguh-sungguh.

2.      Langkah kedua adalah KEYAKINAN. Keyakinan adalah kemampuan meyakini apa yang tidak kita lihat; dan balasan dari keyakinan ini adalah kemampuan melihat apa yang kita yakini.

3.      Langkah ketiga adalah SUGESTI OTOMATIS. Anda hanya bisa memasuki alam bawah sadar melalui alam sadar terlebih dahulu. Alam sadar anda adalah sang penjaga pintu, prajurit penjaga gerbang. Alam bawah sadar anda akan mencari petunjuk dari alam sadar.

4.      Langkah keempat adalah MEMPEROLEH PENGETAHUAN KHUSUS ATAU CARA MEMPEROLEHNYA. Pendidikan formal akan memberi anda mata pencaharian; pendidikan dari pengalaman akan memberi anda keberuntungan besar.

5.      Langkah kelima adalah IMAJINASI. Kalau anda mencari ide kreatif, pergilah berjalan-jalan keluar rumah. Para malaikat turun berbisik pada manusia saat dia berjalan keluar.

6.      Langkah keenam adalah PERENCANAAN YANG TERORGANISIR. Rencanakan dengan hati-hati, persiapkan dengan doa, maju dengan pikiran postif, kejar tujuan anda dengan sepenuh hati.

7.      Langkah ketujuh adalah PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Tidak ada yang lebih menyedihkan daripada manusia yang tidak pernah bisa mengambil keputusan.

8.      Langkah kedelapan adalah KEKUATAN TEKAD. Sukses tampaknya terhubung dengan tindakan. Orang-orang yang sukses terus maju. Mereka melakukan kesalahan, tapi tidak berhenti.

9.      Langkah kesembilan adalah PIKIRAN UTAMA. Penemuan dan penciptaan hal-hal hebat selalu melibatkan kerjasama pikiran banyak orang.

10.  Langkah ke-10 adalah PENGALIHAN ENERGI SEKSUAL. Menggunakan kekuatan pikiran untuk mengalihkan energi seksual kepada hal lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan urusan ranjang jelas-jelas sangat penting bagi kesuksesan.

11.  Langkah ke-11 adalah MENGUASAI ALAM BAWAH SADAR. Setiap inpuls (dorongan) pikiran yang mencapai pikiran objektif melalui panca indra manapun juga akan diklasifikasikan dan disimpan, dan dari sanalah pikiran akan diingat kembali atau dipanggil seperti cara kita mengeluarkan surat-surat dari lemari penyimpanan dokumen.

12.  Langkah ke-12 adalah MENGENDALIKAN FUNGSI OTAK. Pikiran yang pernah diisi penuh oleh sebuah gagasan baru takkan kembali ke ukurannya yang semula.

13.  Langkah ke-13 adalah MENGGUNAKAN INDRA KEENAM ANDA. Firasat adalah kreativitas yang berusaha memberitahukan sesuatu kepada anda.***