Gawai Dayak merupakan pesta terbesar bagi masyarakat Dayak. Hal itu juga dilakukan oleh masyarakat Desa Bukit segaloh, Dusun Suka Maju. Gawai Dayak, selalu dilakukan setiap tahun setelah selesai panen padi. Ucapan syukur dan terimakasih kepada sang Pencipta karena selama setahun sudah diberkati. Dari pemilihan lahan, proses penanaman padi dan sampai akhirnya panen.

Gawai Dayak di Suka Maju. Tiga tahun berturut-turut berbeda dari tahun sebelumnya. Basilik Janjang, Sebagai ketua kelompok Financial Literacy (FL). Mangatakan “semua ini berkat CUKK, telah mengadakan FL di wilayah kami, telah mengajar bagaimana cara mengelola keuangan dalam keluarga”. Gawai sebelumnya selalu mewah dan habis-habisan. Pada saat ini mereka sudah memahami cara mengelola keuangan dalam keluarga, bisa memprioritaskan kebutuhan dari pada keinginan, ungkapnya.

Gawai Dayak, dilaksanakan hampir di seluruh kampung. Pada kesempatan ini juga, biasanya dilakukan tradisi sesuai dengan adat dan kebiasaan setempat. Seperti tarian daerah, bahasa daerah setempat. Gawai dayak juga biasanya para orangtua memperkenalkan tradisi seluruh anak muda supaya mengenal tradisi setempat tidak akan punah.(MDA)