Jumat, 19 Oktober 2018 merupakan hari yang telah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat Desa Merpak dan Desa Tapang Semadak, pada hari itu diadakan peresmian Panel surya Zero Mass Water. Beruntung, Keling Kumang Group bersama dengan Solidaridad dan Zero Mass Water serta di dukung oleh pemerintah daerah setempat dapat mendampingi Desa Tapang Semadak dan Desa Merpak mendapatkan  air  bersih  yang  layak  minum.  Dalam sambutannya di Desa Merpak, Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med. Ph. mengungkapkan rasa bahagianya dengan  adanya  teknologi  canggih  dan  baru,  Jarot mengatakan  Kabupaten  Sintang  saat  ini  memiliki permasalahan yaitu kemiskinan.

Menurut Jarot, angka kemiskinan bukannya menurun melainkan meningkat. Kemiskinan terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti ketersediaan air bersih, jamban, rumah sehat, dan masih banyak lagi. Program yang diselenggarakan oleh KKG, Solidaridad, dan ZMW ini dinilai bisa mendukung program pemerintah Kabupaten Sintang. Tahun 2019 Kabupaten Sintang sendiri memiliki tema pembangunan yaitu penurunan kemiskinan dengan optimalisasi infrastruktur dasar dan air bersih.

Tema pembangunan itu seakan selaras dengan visi ZMW yaitu menyempurnakan air bersih yang layak minum bagi semua orang. Dalam sambutannya, Benjamin berharap bisa bekerjasama lebih intens lagi dengan KKG dan Solidaridad, untuk bersama-sama mewujudkan Kalimantan Tanpa kemiskinan. Dan 'Kalimantan Tanpa Kemiskinan' adalah Misi dari Keling Kumang Group itu sendiri. Semoga apa yang dicita-citakan dari kerjasama ini bisa terwujud dengan lebih cepat dan lebih baik di tanah Borneo yang kita cintai ini.

Pada tanggal yang sama juga dilakukan peresmian ZMW di Desa Tapang Semadak Kecamatan Sekadau Hilir oleh Staf Ahli Bupati Sekadau Afronius Akim Sehan. Dalam sambutannya Alfonius mengatakan bahwa ada beberapa kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti infrastruktur jalan, listrik dan tersedianya air bersih. Afronius mengungkapkan rasa terimakasih kepada KKG, Solidaridad dan ZMW karena telah membantu masyarakat di Desa Tapang Semadak menghadirkan panel tenaga surya penghasil air bersih tanpa listrik yang terpasang di luar ruangan. Panel tenaga surya ini merupakan yang pertama di Indonesia yang berada di Kabupaten Sintang dan di Kabupatan Sekadau. Panel tenaga surya tersebut bernama Source. Ben Jamin Lim sebagai perwakilan dari ZMW mengatakan Setiap 5 tahun sekali akan mengganti kantong mineral yang ada di dalam tangki air tersebut. Perawatan ini sudah dapat dilakukan oleh teknisi lokal yang menjadi mitra ZMW yaitu PT SEDAYU (Selaras Daya Utama).

Kulbir selaku Country Manager Solidaridad Indonesia mengatakan program ini di dukung oleh The David and Lucile Packard Foundation. Salah satu fokus dari program tersebut adalah mengenai lingkungan dan juga peri kehidupan masyarakat di sekitar wilayah program. “Dengan instalasi panel surya ini kita bersama-sama sudah melalukan tiga target pembangunan berkelanjutan. Ketiga target pembangunan tersebut yaitu pengurangan kemiskinan, ketersediaan air bersih dan aksi terhadap perubahan iklim”. Ujar Kulbir dalam sambutannya.(DK&MN)