Utamakan petani merupakan tema dari acara “ Farmer Field Day” yang diselenggarakan oleh Credit Union Keling Kumang dan Solidaridad. Kegiatan yang bertempat di aula Kantor Sentral Sintang ini mengundang para perani bimbingan CUKK, KKG dan Solidaridad.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 18 Juli 2018 ini juga di hadiri beberapa tokoh penting seperti Managing Director Solidaridad South East Asia, Dr Shatadru Chattopadhayay, Country Manager Solidaridad Kulbur Metha, Delegasi India (Indian Palm Oil), Atul Chaturvedi, dan Bupati Sintang jarot Winarno. “utamakan petani” merupakan bentuk perhatian KKG terhadap para petani yang juga di dukung oleh Sodiradad. Dalam sembutannya, Kulbir Metha (Country Manager Solidaridad) mengatakan bahwa misi Keling Kumang Group “Kalimantan Tanpa Kemiskinan” merupakan salah satu tujuan dari program Solidaridad, hal ini sejalan dengan misi Solidaridad “perubahan ke arah yang lebih baik” dengan memberikan pendampingan kepada para petani.

Kulbir berharap bisa bekerjasama dengan petani, lembaga, pemerintah dengan lebih baik lagi. Altul Chaturvedi dalam sambutannya menyatakan ingin belajar kepada KKG secara lansung tentang mengembangkan petani kelapa sawit. India dan Indonesia adalah negara berkembang, oleh karena itu petani harus lebih dahulu dikembangkan. Sambungnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Keling Kumag Group dan Solidaridad yang telah mempertemukan Indonesia sebagai produsen kelapa sawit terbesar dunia dengan India yang merupakan konsumen kelapa sawit terbesar dunia. “Berkat Solidaridad dan KKG kita bertemu di sini” Tutur Bupati.

Untuk memberdayakan para petani khususnya petani kelapa sawit, KKG dan Solidaridad telah membentuk kelas Sekolah Lapang (SL). Kelas SL ini di kelola oleh Busness Development Departemen (BDD). Keseriusan KKG dalam mengembangkan petani dibuktikan dengan kerjasama kepada Koperasi Produsen 77 (K77) yang bergerak di bidang pertanian. K77 menyediakan prasarana seperti pupuk, herbisida,bibit, dan alat pertanian lainnya.

Pada acara Farmers Field Day diteteapkan 10 kelompok sekolah lapangan sebagai kelompok sekolah lapangan terbaik dengan kriteria kelompok belajar aktif, selalu berbelanja di outlet K77, serta bersedia mengikuti program RSPO. Penghargaan yang diberikan Solidaridad kepada  10 kelompok SL tersebut berupa bantuan dana pembinaan senilai total Rp.140.000.000,- penghargaan ini diserahkan lansung oleh MD Solidaridad, perwakilan Indian Palm Oil di dampingi oleh Yohanes Rumpak MD KKG, Valentinus CEO CUKK dan Mikael Ketua BOD KKG.

Pada kesempatan yang sama Solidaridad juga menyerahkan bantuan beasiswa kepada siswa SMK Keling Kumang senilai total Rp.80.000.000,-(MN)