“Beri aku 1000 orang tua, Niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 Pemuda, Niscaya akan kuguncangkan dunia”. Kata-kata Bapak Presiden Pertama RI (Ir. Soekarno) tersebut benar dan melekat dihati Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Keling Kumang (SMK KK) tersebut. Bagaimana tidak, dalam peringatan hari kartini pada tanggal 21 april 2017, SMK Keling Kumang mengadakan banyak kegiatan, selain kegiatan di lingkungan, SMK Keling Kumang mengutus 4 orang putri terbaik untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan lomba pidato dan lomba membuat souvenir yang diadakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau, di gedung kateketik.

GOW mengangkat tema “DENGAN SEMANGAT KARTINI, KITA PERKUAT DAYA CIPTA DAN KREATIFITAS PEREMPUAN MASA KINI”, lomba pidato dengan tema “Kesadaran akan kesetaraan gender kita wujudkan keluarga yang harmonis, bebas dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)” dan lomba membuat souvenir dengan tema “Special Sekadau”. Selain lomba tingkat SMA/SMK, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sekadau.

Dalam kegiatan ini semua utusan SMK Keling Kumang berhasil membawa pulang masing-masing 1 piala tingkat SMA/SMK. SMK Keling Kumang berhasil meraih juara 1 lomba pidato atas nama Maydeline Lewinsky (kelas XI Akutansi1) dan Juara 2 lomba pidato atas nama Teresia Kuba Tara (kelas XI Administrasi Perkantoran 2), Juara 1 Lomba membuat souvenir atas nama Katarina Leni Anggraini (Kelas X akutansi) dan Juara 3 Lomba membuat souvenir atas nama Margareta Ria (Kelas X ATPH).

Dengan semangat kartini putri-putri SMK Keling Kumang akan terus mengembangkan diri di bidang akademik dan non akademik dan siap memberikan perubahan kearah yang lebih baik. Tetap semangat dan terus kembangkan bakat-bakat kalian dimanapun kalian berada, karna pendidikan dan karya dihasilkan karna kemauan dan niat yang besar. (MMD, F & MMD)