Shorinji Kempo adalah beladiri yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dan di Indonesia Shorinji kempo lebih dikenal dengan Nama Persaudaraan Beladiri Shorinji Kempo (PERKEMI). Dojo sendiri itu artinya (tempat Latihan). SMK Keling Kumang Sekadau sendiri merupakan Dojo baru di Kabupaten Sekadau, walaupun sebelumnya pernah di buka Dojo Lawang Kuari sekitar tahun 2007, dan hanya mampu bertahan selama 2 tahun, hingga akhirnya hilang begitu saja karena tidak adanya pengurus Dojo. Lalu semenjak SMK Keling Kumang sekadau di dirikan di Sekadau, didirikan pula Dojo SMK Kumang Kumang, Dojo ini Bisa berdiri berkat salah satu staf misioner CU Keling Kumang (Miki Hermanto) yang tugaskan menyertai SMK Keling Kumang merupakan seorang anggota Shorinji Kempo (Kenshi) Kyu I.

Karena kecintaannya pada Beladiri Shorinji Kempo dan juga merupakan atlet Randori (Tarung Bebas) Kabupaten Sintang dengan berbekal semua itu membuatnya yakin bahwa Shorinji kempo Sekadau bisa eksis seperti cabang olahraga lain, maka di bentuklah Dojo SMK Keling Kumang. Walaupun baru 2 tahun di bentuk, antusias para Kenshi mengikuti latihan begitu baik. Dalam kurun waktu 2 tahun Dojo SMK Keling Kumang sudah dua Kali mengikuti Kejuaraan Tingkat Daerah. Yang pertama kalinya yaitu pada 18-20 November 2016 dalam kejuaraan Borneo Open Turnament yang di selengarakan di Gor Bumi Kathulistiwa, Pontianak. Saat itu Dojo SMK Keling Kumang dalam hal ini mewakili Kabupaten Sekadau hanya mengirim 4 Orang Kenshi dalam satu Kategori yaitu kategori Embu Ken (Peragaan Teknik). Lalu baru-baru ini Dojo SMK Keling Kumang dan Dojo Belitang Hulu tergabung dalam Kontingen Kabupaten Sekadau dalam kejuaraan antar Dojo Se-Kalimantan Barat yang diselengarakan pada Tanggal 12-14 Mei 2017 di Gor Apang Semangai, Kabupaten Sintang, dengan mengikuti kategori Randori kelas 45kg Putri, Kelas 50kg Putri, Kelas 45kg Putra dua orang, Kelas 50kg Putra, Kelas 55kg Putra, kelas 60kg putra , kelas 65kg Up putra. Serta empat regu di kategori Embu Ken masing-masing satu regu empat Kenshi. Jadi Atlet yang di turunkan kontingen Kabupaten Sekadau sebanyak 24 orang Kenshi dan ditambah lagi dengan official dan pelatih serta asisten pelatih total sebanyak 33 orang Kenshi. Pada Kejuaraan tersebut diikuti oleh 8 kota dan Kabupaten.

Sementara Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Landak tidak mengirimkan Kontingen karena berbagai kendala. Sementara itu Kontingen Kabupaten Sekadau berhasil meraih 1 medali emas di kategori Randori Kelas 45 kg Putri Atas Nama Agustina Klara, 2 Medali Perak di kategori yang sama yaitu kelas 50kg Putri atas nama Leni dan Kelas 45kg Putra atas nama Olvitro Wahyutanilaga, serta perungu di kelas 45kg putra berhasil diraih oleh Eka Candra. Miki Hermanto selaku Pelatih merasa puas dan bangga dengan penampilan para atletnya karena sebelumnya ia tidak muluk-muluk menargetkan juara, ia hanya meminta kepada atlet untuk tampil maksimal dan percaya diri, mengingat Kabupaten lain sudah cukup berpengalaman dalam membina atlet dan beberapa Kabupaten memiliki atlet Nasional. Pada kejuaraan tersebut Kota Pontianak keluar menjadi Juara satu umum di susul Kabupaten Sintang di urutan kedua dan Kabupaten Kapuas Hulu di urutan Ketiga.

Tetap semangat generasi muda, perjalanan kalian masih panjang. Masih banyak hal disana yang menunggu untuk kalian raih. Bangga melihat semangat kalian yang luar biasa. Kami bisa, Kami mau, Kami pasti bisa. (Author : MH, editor : MMD)